Monday, October 11, 2010

FOTOS INDONESIA TOUR 2010- TBY Yogyakarta


Goethe Institut
FOTOS INDONESIA TOUR 2010
TBY , Jl. Sri Wedani No 1 | 5 October 2010 |

Shit !! “Damncool performance from FOTOS”  , terdengar riuh di venue ketika band Indie Rock / Post Rock asal German ini berhasil menghipnotis audience kala itu yang sebagian besar pelajar sekolah menegah atas YK  dalam rangkaian tour Asia 2010 nya yang berakhir 15 November mendatang termasuk saya . Band yang digawangi Thomas Hessler, Deniz Erarslan, Frieder Weiss,serta Benedikt Schnerma telah merilis 3 album dan 2 diantaranya bernaung dalam label EMI . Rilisan terbarunya bertajuk Porzellan yang diproduseri Olaf Opal diahkir musim panas kemarin.


Fotos sendiri terbentuk di Hamburg tahun 2006 silam, berbekal pengalaman di Hurricane Festival and Southside Festival cukup mendewasakana mereka dalam hal sound. Mengusung genre Britpop- Madchester dengan aroma Deutschland menambah keseksian vocal mereka. Secara keseluruhan, kualitas sound di album mereka standar, tetapi penampilan mereka dapat diperhitungan sangat detail, bahkan sound-engineer mereka menggunakan alat review frequency yang jarang digunakan di Indonesia.

Pertunjukkan malam itu sangat mengesankan dengan tata lampu dan sound yang maksimal ditambah lagi kecerdasan  soundman yang mereka bawa sendiriserta tentunya sound yang maksimal mengebrak habis amphliteather TBY tsb. Dibuka oleh pertunjukkan The Ordinary, sebuah band ambience / jazz /instrument yang semua personelnya adalah pelajar SMA De Britto Yogyakarta . Mereka menjadi starter point sebelum kegilaan selanjutnya bersama FOTOS. Jam 8 kurang, FOTOS naik panggung. Membawakan 15 lagu dalam waktu kurang lebih 90 menit. Membawakan hits – hits andalan dari 3 album yang mereka rilis. “ Nach dem Goldrausch”, “Fotos”, “Alles Schreit”, “Porzellen”, dan “Angst” menarik perhatian saya. Sebuah pertunjukkan luar bisa dengan tingkat keintiman dan kepiawaian Fotos memainkan emosi crowd perlu diacungi jempol seakan akan berada dalam juice – maker kemudian bermain roller coaster dengan tingkat noise yang mengundang dramatisasi atau membakar semangat. Perpindahan lagu  ke lagu mereka tidak dapat diduga. Noise yang dihasilkan oleh gitar mereka sangat cemerlang dan cerdas, tidak berisik tapi cukup menggerus kedalaman ruanh hampa dalam relung - relung hati. X(

Pukul 21.45, FOTOS menyudahi rangkaian tour mereka di YK. Mommet yang sangat luar biasa. Membawa euphoria tersendiri ketika The Smith bertemu Sonic Youth, menjalin keintiman dengan The Clash, Televise , atau tiba tiba manis seperti The Morning Of. Band yang terbentuk 2006 di Hamburg ini memberikan memory yang baik bagi penontonnya malam itu. Pertunjukkan gratis yang sebenarnya sangat tidak memalukan bila mereka disejajarkan oleh band - band besar di Javarockingland kemarin. Fotos akan masih jalan2 di Indonesia ampe akhir bulan ini. Maka jadilah followers mereka dengan mengunjungi website mereka.!

                         http://www.myspace.com/fotosmusik

*foto menyusul ya,

No comments:

Post a Comment